Prosedur Pendaftaran

Diploma
S-1 Reguler
Ekstensi
Pascasarjana
Diploma

Program Degree Masa Studi Requirements Tes Masuk
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Akuntansi D-3 3 tahun SMA/SMK/MA/
Sederajat

Bebas*

*jika nilai Matematika & Bahasa Inggris >= 7,5 atau 75.

Keuangan Perbankan 3 tahun

BERKAS SYARAT PENDAFTARAN

  • 1 lembar fotokopi legalisasi rapor semester 4 dan 5 (jika belum lulus SMA/SMK/MA/Sederajat).
  • 2 lembar fotokopi legalisasi Ijazah dan SKHUN (jika sudah lulus SMA/SMK/MA/Sederajat).
  • 1 lembar pasfoto terbaru 4×6 berwarna.
  • 1 lembar fotokopi KTP/Kartu Pelajar.
  • 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga.
  • 1 lembar fotokopi Akta Kelahiran.

S-1 Reguler

Program Degree Akreditasi Masa Studi Requirements Bebas Tes Masuk
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bebas*
*Nilai Matematika & Bahasa Inggris >= 7,5 atau 75.
Akuntansi S-1 A 4 tahun SMA/SMK/MA/
Sederajat
Manajemen A
Ekonomi Syariah B
Fakultas Teknologi Informasi
Teknik Informatika S-1 B 4 tahun SMA/SMK/MA/
Sederajat
Sistem Informasi B
   

BERKAS SYARAT PENDAFTARAN

  • 1 lembar fotokopi legalisasi rapor semester 4 dan 5 (jika belum lulus SMA/SMK/MA/Sederajat).
  • 2 lembar fotokopi legalisasi Ijazah dan SKHUN (jika sudah lulus SMA/SMK/MA/Sederajat).
  • 1 lembar pasfoto terbaru 4×6 berwarna.
  • 1 lembar fotokopi KTP/Kartu Pelajar.
  • 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga.
  • 1 lembar fotokopi Akta Kelahiran.

Ekstensi

Program Degree Masa Studi Requirements Tes Masuk
Akuntansi S-1  20 bulan D-3

Bebas*

*Jika nilai Matematika & Bahasa Inggris >= 7,5 atau 75.

Manajemen  20 bulan
Ekonomi Syariah  20 bulan
Sistem Informasi  20 bulan

WAKTU KULIAH PROGRAM S1 EKSTENSI/LANJUTAN

Kelas Intensif Kampus Jakarta & Bekasi (Malam)

Senin – Kamis: Jam 18.30 – 21.00 WIB

Kelas Karyawan Kampus Jakarta (Akhir Pekan)*

Jumat: Jam 18.30 – 21.00 WIB
Sabtu: Jam 08.00 – 16.30 WIB

*Khusus Program Studi Sistem Informasi Ekstensi kelas Karyawan perkuliahan hanya hari:

Sabtu Jam 07.30 – 18.00 WIB (4 Sesi).

Kelas Karyawan Kampus Bekasi (Akhir Pekan)*

Sabtu: Jam 08.00 – 17.05 WIB

 

BERKAS SYARAT PENDAFTARAN

  • 1 lembar fotokopi legalisasi rapor semester 4 dan 5 (jika belum lulus SMA/SMK/MA/Sederajat).
  • 2 lembar fotokopi legalisasi Ijazah dan SKHUN (jika sudah lulus SMA/SMK/MA/Sederajat).
  • 1 lembar pasfoto terbaru 4×6 berwarna.
  • 1 lembar fotokopi KTP/Kartu Pelajar.
  • 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga.
  • 1 lembar fotokopi Akta Kelahiran.

 

BERKAS TAMBAHAN PERSYARATAN KHUSUS CALON MAHASISWA PINDAHAN/LANJUTAN:

  • 2 lembar fotokopi legalisasi Transkrip Nilai dari Perguruan Tinggi asal hingga semester terakhir yang telah ditempuh.
  • 1 lembar fotokopi legalisasi Surat Keterangan pernah Kuliah / pindah dari perguruan tinggi asal.
  • Terdaftar pada Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Dikti (Web http://forlap.ristekdikti.go.id).
    Caranya : masuk ke Menu Pencarian Data – Profil Mhs – Input data Perguruan tinggi asal, Program Studi & kata kunci dengan Nama/NIM anda – klik cari mahasiswa, jika ditemukan klik nama anda – print halaman web tersebut.
  • Status akreditasi program studi perguruan tinggi asal harus minimal sama dengan status akreditasi program studi di Perbanas Institute.

Pascasarjana

Program Degree Akreditasi Masa Studi Requirements Tes Masuk
Magister Akuntansi S-2 B   S-1
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Wawancara
Magister Manajemen B  

SYARAT PENDAFTARAN

  • Membayar biaya formulir pendaftaran sebesar Rp 500.000,- ke rekening Bank Bukopin dengan nomor rekening 102.1549.01.7 a.n. Yayasan Pendidikan Perbanas

BERKAS PERSYARATAN:

    • Formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap (Download formulir pendaftaran diatas)
    • 2 lembar Fotokopi Legalisasi Ijazah S1/D4 Perguruan Tinggi asal .
    • 2 lembar Fotokopi Legalisasi Transkrip Nilai S1/D4 Perguruan Tinggi asal.
    • Printout/Printscreen : Terdaftar pada Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Dikti (web http://forlap.ristekdikti.go.id). Caranya : masuk ke Menu Pencarian Data – Profil Mhs – Input data Perguruan Tinggi asal, Program Studi & kata kunci dengan Nama/NIM anda – klik cari mahasiswa, jika ditemukan klik nama anda – print halaman web tersebut.
    • 2 lembar Pas Foto (4×6) berwarna terbaru.
    • 1 lembar fotokopi KTP
    • 1 lembar Fotokopi Kartu Keluarga
    • 1 lembar Fotokopi Akta Kelahiran
    • Mengikuti ujian masuk

Biaya

Diploma & Sarjana Reguler
Ekstensi
Pascasarjana
Mengundurkan Diri dan Pengembalian Dana
Diploma & Sarjana Reguler

KETENTUAN PEMBAYARAN BIAYA KULIAH

  • Biaya belum termasuk: Biaya daftar ulang per semester, Biaya Bimbingan Skripsi, Sidang Skripsi dan Wisuda.
  • Biaya Uang Kuliah sudah termasuk jaket almamater, Ujian UTS & UAS dan biaya laboratorium.
  • Biaya kuliah untuk Strata Satu (S-1) mulai semester 1 s/d 7 atau untuk Diploma Tiga (D-3) mulai semester 1 s/d 5 bersifat tetap (Flat) dengan 2 x cicilan.

Biaya Kuliah Lebih Hemat Dengan Uang Pangkal & Uang Kuliah Semester Yang Bisa Dicicil. 

Biaya Kuliah bersifat tetap/flat setiap semester mulai dari semester 1 s/d 7 yang bisa dibayarkan 2x tahap pembayaran.
Tahap 1 setiap awal semester 50%.
Tahap 2 setiap akan UTS 50% sisanya.

Lihat Rincian Tabel Uang Pangkal dan Uang Kuliah Kelas Reguler Tahun Akademik 2020/2021 untuk biaya kuliah masing-masing Program Studi atau Jurusan.

Ekstensi

Catatan Biaya Kuliah dan Masa Studi (Kampus Jakarta):

  1. Biaya Kuliah selama kurang dari 4 semester atau 5 Periode (1 periode masa studi 4 bulan) Total masa studi 20 bulan* sebesar Rp 40.000.000,-. (*khusus program studi Sistem Informasi Intensif masa studi 6 periode dengan total 24 bulan)
  2. Total biaya diatas belum termasuk Kartu Mahasiswa, Biaya Bimbingan & Sidang Skripsi serta Wisuda.
  3. Untuk jenis pembayaran Tunai atau LUNAS (Rp 40Jt), apabila Biaya Kuliah dibayar LUNAS <10 hari setelah pendaftaran akan diberikan potongan sebesar Rp 4.000.000,-
  4. Untuk jenis pembayaran Kredit atau Cicilan/Angsuran dapat dibayarkan 10x dengan 2 Tahap pembayaran setiap periode:
    1. Tahap I – Setiap Awal Semester sebesar Rp 4.000.000,- 
    2. Tahap II – Setiap sebelum UTS sebesar Rp 4.000.000,-
    3. Bagi Alumni Perbanas Institute dan Karyawan Tetap Bank Anggota Perbanas akan mendapatkan beasiswa sebesar 25% dari SPP yaitu :
      1. 25% X Rp 10.000.000,-  =   Rp 2.500.000,- (akan dikurangi dari pembayaran Periode 1 Tahap 1 saja).
    4. Biaya Kuliah HARUS dilunasi paling lambat sebelum Penutupan Pendaftaran PMB.

Catatan Biaya Kuliah dan Masa Studi (Kampus Bekasi):

  1. Biaya Kuliah selama kurang dari 4 semester atau 5 Periode (1 periode masa studi 4 bulan) Total masa studi 20 bulan* sebesar Rp 32.000.000,-. (*khusus program studi Sistem Informasi Intensif masa studi 6 periode dengan total 24 bulan)
  2. Total biaya diatas belum termasuk Kartu Mahasiswa, Biaya Bimbingan & Sidang Skripsi serta Wisuda.
  3. Untuk jenis pembayaran Kredit atau Cicilan/Angsuran dapat dibayarkan 10x dengan 2 Tahap pembayaran setiap periode:
    1. Tahap I – Setiap Awal Semester sebesar Rp 3.200.000,- 
    2. Tahap II – Setiap sebelum UTS sebesar Rp 3.200.000,-
  4. Biaya Kuliah HARUS dilunasi paling lambat sebelum Penutupan Pendaftaran PMB.

Pascasarjana

BIAYA INVESTASI

Total investasi untuk masa studi 4 (empat) semester / 16 bulan dan bisa dicicil/angsur setiap bulan selama 16 bulan masa studi (Download Brosur Sekolah Pascasarjana diatas untuk melihat tabel rincian detail pembayaran biaya kuliah).

Pendaftaran & Ujian Masuk: Rp500.000

Kelas Pagi (Selasa & Kamis)* : Rp30.000.000
Kelas Malam (Senin s/d Kamis) : Rp40.000.000
Kelas Akhir Pekan (Sabtu) : Rp50.000.000
*Minimum kuota 10 mahasiswa.

Biaya total investasi diatas belum termasuk biaya:

  • Matrikulasi
  • Bimbingan Tesis
  • Sidang Proposal Tesis
  • Sidang Tesis
  • Wisuda
  • Administrasi Perpustakaan & Ijazah

Mengundurkan Diri dan Pengembalian Dana

Condition Form of Refund
Entrance Fee Tuition Fee Administration Deduction
Diterima di Perguruan Tinggi Negeri sesuai Surat Pengumuman No. 017/PMB/X/2015 : Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh November hanya melalui jalur SNMPTNSBMPTN dan Mandiri biaya akan dikembalikan (kecuali biaya formulir pendaftaran) dengan dibebankan administrasi sebesar Rp1.000.000 (Satu Juta Rupiah). Non Refundable  

Rp1.000.000 (Satu Juta Rupiah).

Tidak lulus Ujian Nasional SMA/SMK/Sederajat, tidak memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), biaya akan dikembalikan 100% (kecuali biaya formulir pendaftaran). Non Refundable Refundable  
Other than conditions No. 1 and No. 2 above Non Refundable Non Refundable

Berkas persyaratan pengembalian mengundurkan diri:

  • Formulir Pengajuan Pengembalian.
  • Bukti tidak Lulus UN SMA/SMK/Sederajat, atau
  • Bukti Kelulusan di terima di Perguruan Tinggi Negeri sesuai Surat Pengumuman No.017/PMB/X/2015.
  • Fotokopi kwitansi pembayaran di PTN.
  • Lembar Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (KTMS) Asli.
  • Slip Pembayaran Asli dari Perbanas Institute
  • Batas pengajuan mengundurkan diri sebelum penutupan pendaftaran PMB tanggal 31 Agustus 2019 dengan mengisi Formulir Pengajuan Pengembalian (hubungi Bagian Admisi Perbanas Institute).

Beasiswa

Beasiswa
Bidik Misi
Atlet
Beasiswa

Surat Keputusan Rektor IKPIA Perbanas, Nomor: 001/SK.P/XII/IKPIA/2016 Tentang Ketentuan Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana IKPIA Perbanas.

Memberikan beasiswa bagi calon Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana IKPIA Perbanas berupa potongan biaya kuliah sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari total biaya paket perkuliahan yang berlaku di Sekolah Pascasarjana IKPIA Perbanas selama 2 tahun (4 semester), diberikan dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Alumni IKPIA Perbanas.
  2. Karyawan tetap IKPIA Perbanas atau karyawan yang berstatus kontrak dengan IKPIA Perbanas, dibuktikan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Biro Human Capital dan Layanan Hukum.
  3. Anak dari karyawan tetap IKPIA Perbanas.
  4. Karyawan tetap bank anggota Perbanas.*
  5. Guru Sekolah Menengah Umum atau sederajat.*
  6. Pegawai kantor akuntan publik.*
  7. Pegawai Negeri Sipil.*
  8. Wisudawan Lulusan Terbaik.

* Menyertakan fotokopi ID Card dan Surat Keterangan dari atasan/instansi/perusahaan terkait.

Bidik Misi
Bidik Misi dengan persyaratan : Terdaftar di alamat web berikut melalui jalur bidikmisi: bidikmisi.belmawa.menristek.dikti.go.id dan lulus verifikasi dan seleksi oleh Subag. Fellowship Perbanas Institute.
Atlet
Prestasi Atlet, persentase beasiswa di tentukan oleh Subag. Kemahasiswaan dengan persyaratan :
Surat rekomendari dari klub atau induk organisasi/instansi yang berkompeten.
Melampirkan fotokopi penghargaan piagam/sertifikat/ijazah/foto/bukti artikel di media massa atas prestasi kejuaraan yang pernah diraih (tingkat Regional, Nasional atau Internasional).