FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

SEKILAS FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

Visi:

”Menjadi fakultas teknologi informasi institut pendidikan perbankan bereputasi di Asia, yang pada tahun 2019 bertujuan untuk masuk dalam jajaran 5 besar di Asia serta tiap alumninya telah dipekerjakan secara profesional dalam kurun waktu 6 bulan setelah kelulusan.”

 

Misi:

  1. Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum serta kegiatan pembelajaran bidang TIK yang memberikan kontribusi pada bidang keuangan dan perbankan.
  2. Menjamin kualitas kegiatan pembelajaran dan layanan akademik bagi para mahasiswa serta lulusan secara berkelanjutan.
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang TIK yang memiliki nilai tambah bagi pengembangan keilmuan, penyelesaian masalah strategis serta kompetensi komersialisasi.
  4. Melaksanakan publikasi hasil penelitian pada jurnal ilmiah bidang TIK ataupun keuangan dan perbankan yang bereputasi nasional maupun internasional.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang TIK yang berorientasi pada penyelesaian masalah strategis dan memiliki kompetensi komersialisasi bagi masyarakat luas maupun rekanan industri.
  6. Menjalin kerja sama akademik dengan perguruan tinggi, institusi pendidikan, perusahaan serta berperan aktif dalam organisasi profesi yang berada di Asia.
  7. Mengembangkan lembaga sertifikasi profesi bidang TIK dengan pengakuan kesetaraan tingkat Asia.

 

Berdiri Sejak 1993

Semula bernama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Perbanas. FTI bertujuan memenuhi kebutuhan akan tenaga terdidik dan professional di bidang teknologi informasi dan computer, khususnya di dunia keuangan dan perbankan.

Lebih dari 2500 lulusan FTI

Berkerja di berbagai bidang industri seperti : perbankan, manufaktur, telekomunikasi, instansi pemerintahan, pendidikan dan juga wira usaha.

2 Bentuk Perkuliahan

Kelas Reguler ditujukan untuk para lulusan SMA, SMK atau yang sederajat dalam meraih gelar Sarjana S1 dan dapat diselesaikan dalam 8 semester atau total kredit 144 SKS.  

Kelas Lanjutan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinamis khsususnya bagi lulusan D3 atau yang sederajat yang dapat diselesaikan dalam 3 semester (18 bulan setelah melalui tahap penyetaraan terhadap mata kuliah yang telah diambil dalam program D3 atau yang sederajat.

Laboraturium yang mendukung

Security and Computer Network
Laboratorium yang diutamakan untuk mendukung perkuliahan Jaringan Komputer, Aplikasi Jaringan Komputer dan Keamanan Komputer, Informasi dan Jaringan. Diharapkan dengan lab ini mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya dengan mengambil sertifikasi keahlian security dan computer network, setelah tersertifikasi mahasiswa akan lebih siap dalam menghadapi tantangan global.

 
Information System and Design
Laboratorium ini memberikan dukungan perkuliahan yang berhubungan dengan perencanaan, pengembangan sistem informasi dengan target pengembangan hard skill dan soft skill. Kegiatan utama laboratorium meliputi pembelajaran mandiri oleh dosen dan mahasiswa, penelitian dan pembelajaran dalam kelompok kecil yang disesuaikan dengan beberapa mata kuliah.

 
PROGRAMMING
Laboratorium yang membantu peningkatan hard skill dalam keahlian pemrograman serta memberikan dukungan perkuliahan yang berhubungan keahlian pemrograman baik yang berbasis perangkat komputer biasa maupun perangkat bergerak. Kegiatan di dalam laboratorium ini melakukan pembelajaran pemrograman berbasis multi system operasi dan teknologi web dan non web.

Penelitian

Kegiatan Penelitian dosen dalam rangka pelaksanaan kegiatan tridarma peningkatan kemampuan dosen di lingkup FTI telah berkembang dengan baik terbukti dengan diterima berbagai Hibah penelitian yang didapat para dosen antara Hibah Strategi Nasional (STRANAS), Hibah Bersaing (HIBER), Hibah Penelitian Dosen Muda (PDP).

Kerjasama berstandar international

Fakultas Teknologi Informasi Perbanas Institute telah menjalin kerja sama dengan leading companies di bidang ICT seperti:

• Oracle
• CISCO
• IBM
• EC-Council (guna membangun kurikulum di bidang keamanan komputer dan informasi)

Sebagai tambahan juga dijalin kerjasama dalam pemberian beasiswa bagi mahasiawa seperti halnya yang telah dilakukan bersama PT Asurasi Tugu Pratama Indonesia dengan program BnB-nya (Belajar dan Bekerja).

PROGRAM STUDI

 

S-1 TEKNIK INFORMATIKA
Sekilas
Kurikulum
S-1 SISTEM INFORMASI
Sekilas
Kurikulum

KALENDAR AKADEMIK TAHUN 2017 / 2018

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

 

  JADWAL KEGIATAN FAKULTAS TEKNOLOGI INFOMASI

 

Perbanas Institute Logo