Wisuda Perbanas Institute 2014

12 Mei 2014

Perbanas Institute kembali menggelar acara Wisuda Perbanas Institute periode I tahun 2014 untuk Program Studi Magister (S-2), Sarjana (S-1), dan Diploma (D-3). Acara Wisuda Perbanas Institute dilaksanakan pada Minggu, 11 Mei 2014 dan berlangsung mulai pukul 08.00 s.d. 13.00 WIB, dan bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Acara wisuda kali ini mengangkat tema “Dengan Integritas Mengembangkan Kreativitas dan Membangun Kemitraan Berkelanjutan” dan dihadiri oleh Pengurus Yayasan Pendidikan Perbanas, Senat Perguruan Tinggi Perbanas Institute beserta Pimpinan, Koodinator Kopertis Wilayah III, Dosen, para Pejabat Teras di lingkungan Perbanas Institute, para Wisudawan, dan Orang tua wisudawan serta undangan lainnya.

Dalam sambutan dan laporan akademiknya Rektor Perbanas Institute, Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo menyampaikan bahwa Perbanas Institute sebagai lembaga pendidikan yang fokus di bidang keuangan, perbankan dan informatika dengan sumber daya yang dimiliki dan dukungan dari Yayasan Pendidikan Perbanas berkomitmen dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul dan siap bersaing dalam tataran global menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Integrasi pasar keuangan dan perbankan ASEAN di tahun 2020 sekaligus menyongsong abad keemasan Indonesia yaitu abad dimana Indonesia dalam 20 tahun yang akan datang Indonesia diprediksikan akan masuk sebagai 10 besar kekuatan ekonomi dunia.

Untuk mendukung hal tersebut Perbanas Institute telah mempersiapkan diri dengan mencanangkan Visi 2019 atau disebut dengan V-19 membangun dan mengembangkan Perbanas Institute menjadi“ To be the Most Reputable Asian Banking Education Institute that aims to be Top 5 Asian Banker’s Center of Excellencehe most reputable Asian Banking Education Institute”. Selain Visi 2019, Perbanas Institute juga memiliki core value yang disebut sebagai ETHICS, yaitu Endurance, Trustworthy, Humanity, Integrity, Competence, dan Sense of Belonging yang menjadi nilai dasar dan pedoman dalam berbagai aktivitas dan kegiatan akademik dan non akademik di lingkungan kampus.

Dalam mewujudkan mimpi besar dalam mencapai V-19 tersebut, Perbanas Institute telah mengambil langkah konkret dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi khususnya kompetensi di bidang keuangan, perbankan dan informatika. Kurikulum berbasis kompetensi yang inovatif dan aplikatif ini dirancang dengan referensi perkembangan ilmu dan pengetahuan di bidang keuangan, perbankan dan informatika, penyesuaian dengan kurikulum berstandar global, serta berbagai masukan-masukan dari para praktisi bankers profesional anggota Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas).

Dengan kurikulum baru ini maka diharapkan daya saing lulusan Perbanas Institute dapat meningkat dan siap terjun ke dunia kerja secara profesional menjadi tenaga kerja di bidang keuangan, perbankan dan informatika yang terdidik, kompeten, dan memiliki keterampilan (baik hard skills dan soft skills) dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan di masa depan.

Dalam wisuda kali ini, pidato wisuda disampaikan oleh Bapak Dr. Bibit Samad Rianto selaku Ketua Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) dan Mantan Pimpinan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). Bapak Bibit Samad Rianto menyampaikan pesan dan menanamkan nilai-nilai dasar kepada para wisudawan akan pentingnya Integritas, kompetensi dan kreativitas. Bangsa Indonesia membutuhkan Pemimpin yang memiliki integritas moral yang tinggi, kompetensi yang sesuai, serta daya kreativitas yang tinggi. Ketiga hal inilah yang harus dimiliki oleh para wisudawan Perbanas Institute dalam menghadapi persaingan di dunia kerja serta sebagai calon Pemimpin bangsa nantinya yang akan membawa Negara Indonesia menuju kejayaan dan semakin diperhitungkan dalam tataran internasional.

Perbanas Institute mewisuda sebanyak 501 lulusan yang terdiri dari:

  • S-2 Magister Manajemen (22 lulusan),
  • S-1 Akuntansi (244 lulusan),
  • S-1 Manajemen (175 lulusan),
  • S-1 Kelas Internasional (7 lulusan),
  • S-1 Sistem Informasi (23 lulusan),
  • S-1 Teknik Informatika (13 lulusan),
  • S-1 Sistem Komputer (1 lulusan),
  • D-3 Akuntansi Perpajakan (7 lulusan), dan
  • D-3 Keuangan dan Perbankan (9 lulusan).

Dalam kesempatan itu diberikan penghargaan untuk para wisudawan terbaik, adapun nama-namanya sebagai berikut:

    1. Azizah Amelfi  (NIM: 1226000674) lulusan dari Program Studi Pascasarjana;
    2. Tiara Anggraeni (NIM: 1011000048) lulusan dari Program Studi S-1 Akuntansi;
    3. Nyimas Rizki (NIM: 1012000240) lulusan dari Program Studi S-1 Manajemen;
    4. Brenda Imanuddin Putri (NIM: 1013000015) lulusan dari Program Studi S-1 Sistem Informasi;
    5. Elin Indah Bagus Permatasari (NIM: 1013000015) lulusan dari Program Studi D-III Akuntansi;

Para wisudawan terbaik tersebut mendapatkan penghargaan berupa Pin emas 10 gram, tabungan, uang tunai dan Beasiswa untuk studi lanjut. Hadiah-hadiah tersebut didapat dari beberapa sponsor yang mendukung acara wisuda tersebut, antara lain adalah Bank ICBC Indonesia, Bank Mandiri, Bank Central Asia, Bank Tabungan Negara serta perusahaan-perusahaan lain yang turut berpartisipasi dalam acara Wisuda Perbanas Institute kali ini.

Selamat dan sukses kepada para Wisudawan Perbanas Institute, semoga ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa.

Perbanas Institute Logo

Any Question?