Tujuan belajar

Perbanas Institute fokus pada studi ekonomi, keuangan, bisnis, perbankan dan teknologi informasi. Program Studi S-1 ​​Manajemen merupakan salah satu jurusan yang memiliki tujuan pembelajaran untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa terkait dengan fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

Kebijakan Kurikulum

Dengan kurikulum yang terbaru, Program Studi S-1 Manajemen selalu mengikuti perkembangan dunia bisnis dan ekonomi internasional, namun tetap sejalan dengan standar nasional pendidikan (KKNI). Selama implementasi kurikulum, seluruh pimpinan program terus mengikuti informasi terkini dalam memprediksi permintaan masa depan, dan masukan dari mahasiswa, dosen dan profesional untuk mempersiapkan mahasiswa terjun ke lapangan pekerjaan dan profesi. Kurikulum terbaru disebut sebagai kurikulum

‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka – MBKM’.

Manajemen Kurikulum

Program Sarjana Manajemen memiliki tiga konsentrasi yang berfokus pada Keuangan, Pemasaran dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Siswa memiliki mata kuliah dasar, mata kuliah wajib dan mata kuliah konsentrasi yang memungkinkan siswa untuk memilih jurusan apa yang akan mereka kembangkan. Sebagian besar mata kuliah dasar ditawarkan pada semester pertama dan kedua, mata kuliah wajib pada semester ketiga hingga kelima, dan mata kuliah konsentrasi ditawarkan pada semester enam dan tujuh. Semester terakhir sepenuhnya digunakan untuk penulisan tesis dan ujian untuk mempertahankan hasil penelitian mahasiswa. Mata kuliah konsentrasi memiliki tiga pilihan. Ada manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya manusia. Manajemen keuangan adalah konsentrasi yang berfokus pada pengelolaan keuangan suatu organisasi, mulai dari penggalian, pemanfaatan, dan pengendalian dana. Konsentrasi manajemen pemasaran mencakup semua teknik dalam memasarkan suatu produk serta analisis strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis, baik di pasar lokal maupun internasional. Manajemen sumber daya manusia terkait dengan strategic human capital dan Talent development yang menitikberatkan perhatian pada pengaturan peran sumber daya manusia sebagai Capital dan Talent dalam aktivitas suatu organisasi.

Peningkatan Kualitas Pendidikan

Menggunakan kurikulum yang selalu sesuai dengan standar nasional peraturan kementerian pendidikan dan penelitian, permintaan pasar, dan perkembangan topik manajemen di seluruh dunia di masa depan. Di program studi S-1 manajemen, umpan balik, masukan, ide, saran dan rekomendasi ditampung setiap perubahan semester melalui kuesioner dan formulir online. Prodi akan mengumpulkan serta menyarankan perbaikan dan pembaruan kurikulum setiap dua tahun. Yang terbaru adalah versi kurikulum 2021.

Kebijakan Lulusan

Keseluruhan mata kuliah yang meliputi penulisan skripsi adalah 146 SKS mata kuliah. Setiap mata kuliah mengandung unsur:

  • Sikap
  • Keterampilan Umum
  • Pengetahuan
  • Keterampilan Khusus

Mahasiswa harus mengikuti mata kuliah dasar, wajib, dan konsentrasi untuk mencapai blok penulisan skripsi di semester delapan. Tes kelayakan terdiri dari tes bahasa Inggris, uji plagiasi, ujian tesis, mata kuliah prasyarat yang memiliki nilai minimal C dan lulus sertifikasi terkait perbankan dan pasar modal yang setara dengan ujian kompetensi. Hal itu akan menghasilkan lulusan Perbanas Institute yang memiliki sikap yang baik, keterampilan yang menonjol dan pengetahuan yang memadai untuk bersaing di industri.

Tinjauan Hasil Pembelajaran

Luaran dari program ini adalah menghasilkan lulusan yang memiliki sikap Disiplin, Kritis, Inovatif; menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi dan praktik keilmuan di bidang keuangan dan perbankan, menghasilkan lulusan yang memiliki basis teknologi dan pengetahuan yang kuat; dan memiliki lulusan yang memiliki kemampuan dan pola pikir kewirausahaan di dunia teknologi yang maju. Mahasiswa Program Studi S-1 ​​Manajemen diharapkan memahami dan memiliki kemampuan untuk mendemonstrasikan ilmu dan praktik manajemen.

Globalisasi Program Pendidikan

Program pendidikan selalu dimutakhirkan berdasarkan isu-isu nasional dan internasional terkait dengan bidang manajemen. Menggunakan buku dan referensi internasional untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mempersiapkan kompetisi di masa depan. Kuliah adalah kombinasi dari akademisi dan profesional dari industri. Anggota fakultas didorong untuk mengikuti seminar internasional dan konferensi akademik, dan mahasiswa termotivasi untuk mempublikasikan penelitian mereka di jurnal internasional. Untuk memelihara dan mengembangkan kemitraan dengan lembaga Internasional, dosen dan mahasiswa diharapkan dapat menjalin kerja sama melalui seminar, penelitian, publikasi dan kemitraan.


KELAYAKAN STUDI SARJANA MANAJEMEN UNTUK AKREDITASI INTERNASIONAL ABEST21

Program Studi S-1 ​​Manajemen memiliki beberapa keunggulan yang menjadikan prodi ini layak mendapat akreditasi internasional. Keunggulan tersebut antara lain akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia; kurikulum yang terkini dan mampu mengakomodir kebutuhan pasar; dosen merupakan gabungan antara akademisi dan praktisi; penelitian dosen yang dipublikasikan di berbagai jurnal nasional dan internasional; kerja sama program pengabdian masyarakat antara dosen dan mahasiswa; serta beberapa program pendukung yang mendukung mahasiswa agar mampu bersaing di luar kampus.

Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Program Studi S-1 ​​Manajemen di Perbanas Institute memiliki akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Program Studi S-1 ​​Manajemen telah memenuhi standar nasional yang harus dipenuhi oleh suatu perguruan tinggi. Hal ini tidak terlepas dari keseriusan manajemen dan kerja sama seluruh civitas akademika dalam menciptakan budaya akademik yang mendorong tercapainya visi dan misi program studi dan institusi.

Kurikulum yang Mampu Mengakomodir Kebutuhan Stakeholders

Kurikulum Program Sarjana Manajemen merupakan versi terbaru dari proses yang telah dilakukan selama lebih dari satu tahun. Proses tersebut meliputi analisis kebutuhan industri yang akan menggunakan lulusan Program Sarjana Manajemen, analisis tren bekerja di masyarakat, serta kebutuhan masyarakat yang akan menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi. Berbagai proses tersebut dipadukan untuk menghasilkan kurikulum yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan pemangku kepentingan. Kurikulum semacam itu memiliki visi ke depan. Apalagi mampu berkolaborasi dengan kemajuan teknologi serta menjawab kebutuhan industri dan masyarakat akan lulusan manajemen yang andal. Beberapa contoh mata kuliah dalam kurikulum Program S-1 Manajemen antara lain sistem transaksi keuangan digital dan manajemen start-up.

Kombinasi Dosen Berlatar Belakang Akademisi dan Praktisi

Selain kurikulum, dosen juga merupakan indikator penting untuk menilai kualitas suatu perguruan tinggi. Dosen Program Studi S-1 ​​Manajemen merupakan perpaduan antara akademisi dan praktisi. Para akademisi dan praktisi ini terus bahu membahu dalam menciptakan budaya kampus yang dinamis dan memiliki visi ke depan. Kolaborasi antara akademisi dan praktisi juga berkontribusi besar dalam pembentukan mahasiswa yang tidak hanya memahami konsep manajemen, tetapi juga tangkas sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Publikasi Dosen

Indikator lain kualitas pendidikan tinggi adalah kemampuan dosen untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang mencerminkan pemikirannya di berbagai media. Karya-karya dosen Perbanas Institute telah berhasil menembus berbagai jurnal ilmiah, baik nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya menjadi reviewer di berbagai jurnal bisnis dan manajemen. Media lain yang merupakan hasil karya dosen berupa buku. Rasio ini dapat dilihat pada indeks publikasi Indonesia yang setiap semester mengalami peningkatan signifikan dalam publikasi dan sitasi.

Program Pengabdian kepada Masyarakat

Program pengabdian kepada masyarakat yang merupakan kerja sama antara dosen dan mahasiswa selalu dilaksanakan oleh Program Studi S-1 ​​Manajemen, baik sebagai bagian dari pelaksanaan program kerja Lembaga, maupun sebagai inisiasi dari para dosen. Bentuk pengabdian masyarakat biasanya dapat dilihat dalam bentuk pembinaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Program terbaru yang baru-baru ini dilakukan adalah pembinaan 800 pengusaha Jakarta (Jakpreneur) yang dilaksanakan pada akhir Juni 2021. Dalam kegiatan ini, Dosen Program Sarjana Manajemen memberikan bimbingan dalam berbagai hal, seperti pemasaran digital, pembuatan laporan keuangan sederhana, dan lain-lain.

Kerjasama dengan Berbagai Instansi

Kerja sama dengan berbagai institusi, baik institusi pendidikan maupun non-pendidikan juga dilakukan oleh Program Studi S-1 ​​Manajemen. Kerja sama dengan lembaga pendidikan dilakukan dengan lembaga di tingkat nasional dan internasional. Yang paling dekat diimplementasikan adalah kerja sama berupa pertukaran mahasiswa dengan dalam negeri dan luar negeri yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022. Selain berbagai institusi pendidikan, Program Sarjana Manajemen (di bawah koordinasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis) juga menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan. Hal terbaru yang dilakukan adalah bekerja sama dengan lembaga keuangan perbankan dan non perbankan dalam mengirimkan mahasiswa untuk magang atau mendapatkan pengalaman kerja dalam jangka waktu tertentu.

Program Pendukung Lainnya

Program pendukung lainnya yang diberikan oleh Program Sarjana di jurusan Manajemen adalah membekali mahasiswa dengan materi Dealing Room Laboratory; mendorong sertifikasi sebagai pengganti ujian kompetensi yang menjadi syarat kelulusan mahasiswa; mendorong siswa untuk memiliki skor TOEFL tertentu. Pemberian materi Lab Dealing Room dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan edukasi di bidang treasury banking kepada mahasiswa. Di Lab Dealing Room, mahasiswa akan diberikan pengetahuan dan kesempatan praktis tentang transaksi pasar uang, valuta asing, dan jual beli surat berharga menggunakan software. Saat ini, Perbanas Institute merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta yang memiliki laboratorium dealing room. Mendorong mahasiswa untuk mengikuti program sertifikasi pada lembaga sertifikasi yang berkualitas juga merupakan dukungan yang dilakukan Program Studi S-1 Manajemen untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan. Sertifikasi yang direkomendasikan adalah sertifikasi yang berkaitan dengan bidang manajemen seperti manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen sumber daya manusia. Mendorong mahasiswa untuk memiliki sastra Inggris yang layak dengan menggunakan skor TOEFL merupakan salah satu upaya prodi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa dan lulusannya, sehingga mampu bersaing di tingkat internasional. Nilai TOEFL minimal yang harus dimiliki mahasiswa untuk bisa lulus dari Perbanas Institute adalah 450. Ketiga program ini diyakini dapat meningkatkan nilai kompetitif mahasiswa yang membuat mereka lincah. Oleh karena itu, ketiga hal tersebut dijadikan sebagai prasyarat bagi mahasiswa program studi S-1 Manajemen yang harus dipenuhi untuk mendaftar ujian akhir.


KURIKULUM PRODI S-1 MANAJEMEN 2021