Akreditasi A

Program studi Akuntansi Perbanas Institute memiliki visi untuk mengembangkan intelektual peserta didik, khususnya pada bidang akuntansi, yang berstandar global. Setelah menyelesaikan pendidikan, alumni diarahkan bekerja sebagai akuntan publik (auditor), auditor internal, akuntan manajemen, akuntan ahli pajak, akuntan ahli sistem informasi, akuntan bank konvensional atau akuntan bank syariah. Ini dapat diwujudkan dengan kurikulum yang memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih konsentrasi mata kuliah yang akan diikuti. Pilihan konsentrasi untuk mahasiswa S-1 Akuntansi meliputi:

  • Pajak
  • Auditing
  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Sistem Akuntansi
  • Akuntansi Perbankan Konvensional, dan
  • Akuntansi Perbankan Syariah. 

Dengan menambahkan mata kuliah Kewirausahaan akan melengkapi keahlian lain dari peserta didik, yang akan menjadi nilai tambah dalam menjalani berbagai profesi di atas.

Dengan adanya kebijakan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh pemerintah melalui kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, memberikan nuansa berbeda kepada mahasiswa, dimana wawasan dan intelektualitas mahasiswa akan semakin berkembang. Dengan mengikuti kurikulum MBKM, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran dan pengalaman baru karena dapat melakukan kegiatan di luar kampus, baik itu mengikuti pertukaran pelajar dengan kampus lain di dalam maupun di luar negeri, magang bersertifikat di beberapa perusahaan, melakukan studi independent, mahasiswa mengajar dan lainnya.

Program S-1 Akuntansi memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan profesi, agar lulusan S-1 Akuntansi Perbanas siap memasuki dunia kerja. Mahasiswa yang berprestasi baik dari sisi akademik maupun non akademik akan diberikan beasiswa sebagai apresiasi dari Lembaga. Kampus Perbanas Institute juga menyediakan sarana dan prasarana Pendidikan seperti: Laboratorium Akuntansi dan Laboratorium Bank Mini, Laboratorium Dealing Room serta prasarana lainnya untuk kegiatan non akademik.

 

Tingginya minat masyarakat untuk belajar di Program studi S-1 Akuntansi Perbanas Institute, dapat dilihat dari jumlah student body saat ini yang tercatat sebesar 2086 mahasiswa.  Mahasiswa S-1 Akuntansi ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Proses balajar mengajar pada Program studi S-1 Akuntansi Perbanas Institute didukung oleh dosen-dosen yang kompeten serta berpengalaman secara akademis, dan praktisi akuntansi. Lokasi kampus yang strategis, berada di kawasan segitiga emas pusat bisnis dan perkantoran juga merupakan daya tarik bagi masyarakat khususnya para calon mahasiswa. Dan sejak tahun 2017, Perbanas Institute juga membuka kampus di Bekasi, sehingga lebih mudah terjangkau oleh masyarakat di luar Jakarta.

Program studi S-1 Akuntansi Perbanas Institute yang berada dibawah naungan Perhimpunan Bank Nasional (PERBANAS), meningkatkan mutu lulusannya dalam berkompetisi setelah keluar dari kampus dengan melakukan berbagai kerja sama dengan berbagai Bank berskala besar, menengah dan kecil, dengan beberapa perguruan tinggi dan organisasi profesi akuntan. Program S-1 Akuntansi Perbanas Institute juga memperoleh akreditasi dari organisasi profesi dari dalam dan luar negeri. 

 

1. Peringkat Akreditasi Nasional dengan nilai unggul (grade A)

Diberikan oleh pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi, dan ini merupakan pengakuan pemerintah terhadap Program Studi Sarjana Akuntansi Perbanas Institute pada nilai tertinggi di nasional Indonesia

Perbanas Institute

2. CPA Australia (Certified Practising Accountant Australia)

Program Studi S-1 Akuntansi Perbanas Institute telah memperoleh akreditasi CPA Australia sejak tahun 2014. Dengan adanya akreditasi dari CPA Australia, banyak benefit yang telah dirasakan oleh mahasiswa S1 Akuntansi Perbanas Institute yaitu dengan menjadi student ambassador CPA Australia, Sharing session CPA Australia dengan mahasiswa S1 Akuntansi Perbanas dengan topik terkini, kerja sama Himpunan Mahasiswa Akuntansi dengan CPA Australia dalam berbagai kompetisi dalam hal sharing soal dan penjurian kompetisi. Yang tidak kalah pentingnya dengan akreditasi ini, lulusan S-1 Akuntansi Perbanas Institute dibebaskan dari Foundation Level dan dapat langsung mengambil Professional Level untuk memperoleh gelar CPA Australia.

3. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) adalah organisasi profesi yang menaungi seluruh Akuntan di Indonesia. Program studi S-1 Akuntansi merupakan salah satu kampus yang terafiliasi IAI (IAI Affiliated Campus). Sebagai Program studi yang terafiliasi dengan IAI, update perkembangan akuntansi lebih cepat diperoleh dengan adanya info langsung dari IAI. Untuk perkembangan kurikulum, Program Studi berkonsultasi dengan berbagai pihak termasuk dengan IAI agar lulusan S-1 Perbanas Institute sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, Disamping itu, kurikulum program studi S-1 Akuntansi juga dikembangkan berdasarkan International Education Standard (IES) dari IFAC (International Federation of Accountants) sehingga lulusan program studi S-1 Akuntansi Perbanas Institute memiliki kompetensi inti yang sama dengan lulusan luar negeri. Mahasiswa S-1 Akuntansi juga berkesempatan untuk menjadi anggota Muda IAI. Dengan mengikuti salah satu ujian sertifikasi di IAI, mahasiswa S-1 Akuntansi Perbanas Institute sudah memenuhi kompetensi bagi lulusan Program S-1 Akuntansi.

Untuk meningkatkan mutu berkelanjutan, Pimpinan Perbanas Institute berkomitmen untuk program studi yang telah meraih peringkat mutu unggul di nasional, didorong untuk mendapatkan peringkat mutu internasional. Program studi sarjana Akuntasi Perbanas Institute yang telah meraih peringkat mutu unggul di nasional, menetapkan dan memilih standarisasi internasional ABEST21 sebagai standar mutu internasional yang akan diterapkan untuk meningkatkan reputasi dan mampu berdaya saing global.

KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI