Kuliah Umum Dr. Patrialis Akbar, S.H., M.H. “Keteladanan Pancasila dalam Pemberantasan Korupsi dan Peran Mahkamah Konstitusi Dalam Negara Demokrasi”

5 November 2014

Lembaga Anti Fraud (Latifa) bekerjasama dengan Tim Dosen Pengajar Mata Kuliah Pancasila & Kewarganegaraan Perbanas Institute dan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Keteladanan Pancasila dalam Pemberantasan Korupsi dan Peran Mahkamah Konstitusi Dalam Negara Demokrasi”. Kuliah umum tersebut dilangsungkan di Auditorium Perbanas Institute Jakarta pada Jumat, 31 Oktober 2014 dari pukul 13.30 s.d. 16.00 WIB.

Acara kuliah umum diawali dengan sambutan dari Rektor Perbanas Institute Bapak Prof. Dr. Ir. H. Marsudi Wahyu Kisworo yang sekaligus berkenan membuka secara resmi acara kuliah umum tersebut.
Kuliah umum menghadirkan nara sumber tokoh nasional Bapak Dr. H. Patrialis Akbar, SH., M.H. yang saat ini menjabat sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi RI dengan dipandu oleh moderator Bapak Arus Akbar Silondae, SH., LL.M, Dosen Tetap dan juga sebagai founder Latifa Perbanas Institute.

Dalam materi yang disampaikan, narasumber Bapak Dr. H. Patrialis Akbar, S.H., M.H. menjelaskan tentang sejarah Pancasila, nilai-nilai luhur yang mendasari Pancasila, serta kaitannya dengan peran Mahkamah Konstitusi RI dalam memberikan perlindungan dan kepastian hukum berdasarkan konstitusi UUD 1945 kepada setiap WNI atas undang-undang yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu juga turut hadir Wakil Rektor Bidang Operasional Akademik Bapak Patria Laksamana Ph.D., Ibu Dr. Wiwiek Prihandini selaku Wakil Rektor Bidang Pengelolaan Sumber Daya, Pimpinan Fakultas, Dosen

Pengampu Mata Kuliah, Pejabat Teras dan Mahasiswa Perbanas Institute yang saat ini sedang mengambil mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan di semester gasal 2014/2015.
Acara kuliah umum berlangsung dengan tertib, lancar, dan interaktif, antusiasme mahasiswa juga terlihat dengan banyaknya peserta yang menghadiri acara tersebut serta pertanyaan yang disampaikan ke narasumber.

Seusai acara Tanya jawab, narasumber berkenan menerima cindera mata dari Rektor Perbanas Institute Prof. Dr. Ir. H. Marsudi Wahyu Kisworo dan sertifikat penghargaan dari salah satu founder Latifa dan juga Warek Bidang Pengelolaan Sumber Daya Ibu Dr. Wiwiek Prihandini, MM., Ak.

Perbanas Institute Logo