The 10th Perbanas Institute Marketing Debate Competetion 2014 (PMDC 2014)

Himpunan Mahasiswa Program Studi Mahasiswa (HMPSM) Perbanas Institute berkolaborasi dengan Program Studi Strata Satu Manajemen kembali menggelar Perbanas Institute Debate Competition 2014, yang kali ini mengangkat tema: “On Becoming a Smart Marketer in The Smart Digital Era”. Kegiatan yang juga merupakan event tahunan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 24 s.d. 26 Juni 2014, diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

Pada kompetisi PMDC tahun 2014 ini diikuti sebanyak 17 Perguruan Tinggi yang berpartisipasi yaitu:

    • Universitas Indonesia
    • Universitas Jenderal Soedirman
    • Universitas Hasanudin
    • Universitas Tadulako
    • Institut Pertanian Bogor
    • Universitas Pembangunan Nasional Veteran
    • Universitas Negeri Malang
    • Universitas Muhammadiyah Malang
    • Universitas Islam Indonesia
    • Gici Business School
    • Instute Manajemen Telkom
    • Swiss German University
    • Universitas Widya Mandala
    • STIE Bank BPD
    • UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    • Universitas Atmajaya
    • Perbanas Institute

Acara pembukaan PMDC 2014 ini dilangsungkan di Auditorium Gedung Unit III, dengan diawali sambutan dari Ketua Panitia Pelaksana, Ketua HMPSM dan berkenan membuka acara PMDC 2014 Purek Bidang Akademik Bapak Acong Dewantoro Marsono.
Nampak hadir pula Purek Bidang Non-Akademik Ibu Christine Sulistyowati, Para Prodi dan Sekprodi, Para Dosen, Pejabat Teras di lingkungan Perbanas Institute, Mahasiswa serta  tamu undangan lainnya.
Kegiatan ini juga mengundang sejumlah Juri yang berasal dari kalangan profesional dan dari kalangan akademisi yang akan mengevaluasi dan memberikan penilaian dari setiap Tim Peserta PMDC 2014. Anggota Dewan Juri antara lain:

    • Bapak Nobelson dari UPN Jakarta;
    • Bapak Bahtiar Usman dari Universitas Trisakti;
    • Bapak Iyus Wiodi dari Universitas Paramadina;
    • Bapak Daniel Yudhistyra dari Majalah Marketeers;
    • Ibu Fitri Indah Kuwaratiwi dari Majalah Marketeers;
    • Ibu Irviene Maretha dari Majalah Marketeers;
    • Ibu Marisqa Debora dari Majalah Marketeers;
    • Ibu Rakhmi Anissawaty dari Majalah Marketeers;
    • Bapak Aryo Febrian dari On That Point Institute;
    • Bapak Brian Gunawan dari In On That Point Institute;
    • Ibu Melda Frisca dari On That Point Institute;
    • Ibu Cassandra Ethania Liem dari On That Point Institute.

PMDC 2014 juga mendapat support dari sejumlah sponsor, antara lain Bank DKI, Bank BNI, Seven Eleven dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta beberapa produk antara lain Bantex, Gatsby dan Pixy.
Setelah melalui proses kompetisi selama tiga hari, akhirnya hanya 3 Tim yang berhak mengikuti Gand Final. Akhirnya berdasarkan penilaian Dewan Juri pada Grand Final, pemenang PMDC 2014 adalah sebagai berikut:

    • Juara Pertama dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp 10.000.000,00 adalah Tim C dari Universitas Indonesia;
    • Juara Kedua dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp 7.000.000,00 adalah Tim dari Telkom University;
    • Juara Ketiga dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp 5.000.000,00 adalah Tim B dari Universitas Indonesia;
    • Juara Harapan dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp 3.000.000,00 adalah Tim A dari Universitas Indonesia;
    • Best Speaker dan berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 550.000,00, diperoleh Sdr. Albert Santoso dari Universitas Indonesia.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan akan tercipta iklim kompetisi yang positif di bidang Marketing antar Perguruan Tinggi. Lebih jauh lagi kompetisi ini juga diharapkan akan mendorong mahasiswa di Indonesia untuk meningkatkan kualitasnya agar kompetitif dengan lulusan Perguruan Tinggi lainnya dari Kawasan ASEAN dan dalam level global yang lebih tinggi.