ANUGERAH PERBANKAN INDONESIA 2012

19 Desember 2012

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 dimungkinkan terjadinya liberalisasi sektor Jasa Keuangan dan aliran modal yang lebih bebas, yang menuntut Perbankan Nasional untuk segera berbenah diri dalam berbagai aspek untuk menghadapi persaingan bank-bank di kawasan ASEAN.

Sejumlah aspek penting yang mendapat perhatian khusus untuk segera diperbaiki ke depan oleh Perbankan Nasional antara lain Kinerja Keuangan dan Efisiensi, Resiko Likuiditas dan Kredit Perbankan, Sumber Daya Manusia (Human Capital), Akuntansi dan Praktek Kecurangan (Fraud), serta Sistem dan Teknologi Informasi yang semuanya bertujuan untuk :

    • Menciptakan bank yang kompetitif dalam kancah global;

    • Meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM perbankan nasional;

    • Meningkatkan pengawasan internal dan eksternal perbankan untuk meminimalisasi praktik fraud perbankan;

    • Meningkatkan layanan dan jasa perbankan yang berbasis ICT, yang memberikan kemudahan akses dan layanan global yang sangat mempengaruhi pola dan strategi bisnis industri Perbankan.

Anugerah Perbankan Indonesia 2012  ini merupakan bentuk apresiasi penghargaan tertinggi kepada bank-bank di Indonesia, baik Bank Swasta, Bank Persero, Bank Syariah, maupun Bank Pembangunan Daerah yang telah berhasil meningkatkan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan bisnis, pasar modal, investasi dan perekonomian di Indonesia.

Anugerah Perbankan 2012 merupakan kerjasama antara Perbanas Institute (Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat) dengan Ideku Group (Business Review dan Woman Review), dalam kerjasama ini Dewan Juri diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo, Msc (Rektor Perbanas Institute), dengan anggota dosen tetap Perbanas Institute Zaenal Abidin, Ph.D, Dr. Umbas Krisnanto, Dr. Endri, Adi Susilo, S.E., M.M., Dyah Nirmalawati, S.E., M.Si, Hedwigis Esti, S.E., M.E. dan Mardiana Purwaningsih, M.Kom dan anggota lain dari kalangan profesional, pengamat perbankan dan konsultan.

Pemberian Anugerah Perbankan Indonesia 2012 dilaksanakan pada Kamis, 13 Desember 2012, pukul 13.00 WIB. s.d selesai, bertempat di Ball Room Crowne Plaza Hotel Jakarta diawali dengan pembukaan oleh Ibu Irlisa Rachmadiana, selaku Founder dari Ideku Group (Bussiness Review dan Woman Review) dan laporan Ketua Dewan Juri Dewan Juri Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo.

Sebelum acara puncak penganugerahan diberikan kepada pemenang, acara diisi dengan Panel  Session: Regional Financial Challenges  (Session 1) dengan nara sumber Mirrza Adityaswara (Ketua LPS), Dr. Endri (Peneliti Perbanas Institute), Dr. Ichsanuddin Noorsy (Pengamat Perbankan) dengan moderator Dr. Umbas Krisnanto (Direktur P3M) Perbanas Institute; sedangkan pada Panel Session 2 (CEO Talks): Peluang dan Tantangan Kesiapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dengan narasumber: Para CEO dari Bank Mayora, Bank DKI, Bank Jateng, Bank Ina Perdana, dan Bank Syariah Mandiri dengan dimoderatori oleh Ibu Irlisa Rachmadiana (Founder Business Review & Woman Review).

 

Perbanas Institute Logo