Pengabdian kepada masyarakat dosen Perbanas Institute ke UMKM Pengrajin batik trusmi Cirebon

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan usaha  yang mempekerjakan lebih dari 90 persen tenaga kerja Indonesia.  Pengembangan UMKM akan berdampak langsung pada pertumbuhan sector ekonomi  secara umum, serta mendorong pemberdayaan ekonomi dan potensi daerah UMKM tersebut berada.
Dilandasi hal tersebut, Perbanas Institute melakukan pembinaan kepada Pengrajin batik Kampung Trusmi Kulon, Cirebon. Pembinaan ini merupakan salah satu bentuk dari pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang pelaksanaannya dikoordinir oleh P3M Perbanas Institute.
Pembinaan dilakukan melalui 3 tahap, yaitu pertama tahap identifikasi permasalahan dan kebutuhan, kedua tahap peningkatan kapasitas dan kemampuan UMKM, dan yang ketiga adalah tahap pendampingan.
Sebagai tahap awal (tahap identifikasi permasalahan dan kebutuhan), pada Kamis, 19 April 2012, sebanyak 28 Dosen Tetap Perbanas Institute melakukan kunjungan ke pengrajin batik di daerah Trusmi Cirebon yang terhimpun sebagai anggota dari Koperasi Batik Budi Tresna Cirebon.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari dari Ketua Koperasi Budi Tresna Bapak Masnaidi, Pengurus Koperasi serta antusiasme yang tinggi dari para pengrajin batik yang menerima kunjungan Dosen Tetap ke kios/rumah display/gallery Batik sekaligus berdiskusi dan menyampaikan berbagai kebutuhan dan masalah yang dihadapi dalam pengembangan usaha UMKM kepada Tim Dosen Tetap Perbanas Institute.

Direncanakan bulan depan akan dimulai tahap kedua dari kegiatan ini, yaitu melalui beberapa program pelatihan sesuai dengan kebutuhan pengrajin batik.