Training of Trainer (TOT) pada KOMA (Kontes Olahraga Mahasiswa) 2008

25 June 2008

Dalam rangkaian penyelenggaraan KOMA 2008, diadakan kegiatan TOT (Training Of Trainer) pada hari Kamis, 19 Juni bertempat di Wisma Karsa Menpora Senayan . Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia diwakili oleh Sekretaris Menteri Negara Pemuda dan Olahraga; Pejabat Tinggi di Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Rektor ABFI Institute Perbanas, Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan dan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Jabodetabek sebagai peserta Training of Trainer.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Kantor Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga dengan ABFI Institute Perbanas Jakarta yang didukung oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jabodetabek dalam suatu kepanitiaan yang dibentuk oleh Kantor Menpora yakni oleh Deputi Menpora Bidang Pemberdayaan Olahraga ( Bidang Olahraga Pendidikan ).
Perguruan Tinggi yang menjadi panitia kegiatan TOT ini adalah:

    • Universitas Nasional
    • Universitas Budi Luhur
    • UNISMA Bekasi, dan
    • Institut Pertanian Bogor

Kegiatan TOT ini diikuti oleh 42 Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang kemahasiswaan se-Jabodetabek.

    • 42 Perguruan Tinggi yang mengikuti TOT ini adalah Perguruan Tinggi yang selama ini telah melakukan pembinaan olahraga secara baik, hal ini dapat dibuktikan dengan prestasi yang telah dicapai di berbagai event yang diikuti, baik di event POMDA maupun di event POMNAS.
    • 42 Perguruan Tinggi yang mengikuti TOT ini telah mewakili 5 (lima) rayon yang ada di Kopertis Wilayah III.
    • Diharapkan dari Perguruan Tinggi yang mengikuti TOT ini dapat melakukan kegiatan yang serupa di tingkat rayon masing-masing.

Materi kegiatan TOT ini akan disampaikan oleh beberapa nara sumber yang sangat berkompeten di bidangnya masing-masing. Nara sumber tersebut terdiri dari:

    1. Kantor Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga
    2. DIKTI
    3. Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta
    4. Pakar Bidang Olahraga dan Kemahasiswaan
    5. Psikolog Olahraga

Tujuan dari kegiatan TOT ini antara lain:

    1. Menjalin tali silaturrahmi antara sesama Perguruan Tinggi maupun dengan Pemerintah khususnya Kantor Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga.
    2. Menyamakan persepsi tentang pola pembinaan olahraga di Perguruan Tinggi
    3. Memasyarakatkan kegiatan olahraga di kalangan mahasiswa,khususnya di Perguruan Tinggi masing-masing.
Perbanas Institute Logo