Sumber Dana PT Masih pada Mahasiswa

29 Juni 2004

Salah satu tantangan utama perguruan tinggi di Indonesia dewasa ini adalah bagaimana menggali sumber-sumber pembiayaan alternatif terutama perguruan tinggi swasta. Perguruan tinggi negeri pun sekarang diminta mencari sumber sendiri karena pemerintah secara perlahan mengurangi subsidi pendidikan. Perguruan tinggi umumnya masih mencari sumber pembiayaan dari kontribusi mahasiswa-mahasiswi.

“Orientasi ini harus diubah dengan mencari sumber-sumber lain yang ada di masyarakat, termasuk lembaga-lembaga keuangan atau lembaga-lembaga swasta lain,” ungkap Pembantu Ketua STIE Perbanas Bidang Kemahasiswaan dan Humas, Arus Akbar Silondae SH, LLM, pekan ini di Jakarta.

Arus Akbar menambahkan, hal ini sebagian sudah dilaksanakan dengan terpilihnya STIE Perbanas menjadi mitra bagi lembaga pemerintah dan swasta ataupun perusahaan swasta pemerintah. Namun menurutnya kemitraan ini belum cukup, karena sebagai institusi yang mempersiapkan dan menghasilkan calon-calon intelektual dan sumber daya manusia di bidang perekonomian dan perbankan tetap membuka kesempatan kepada pihak mana pun untuk bermitra.

Kemitraan yang dilakukan bisa dalam bentuk kajian bisnis, penelitian atau kegiatan lain yang menguntungkan kedua belah pihak. Lembaga-lembaga tersebut memperoleh masukan dari tenaga-tenaga ahli STIE Perbanas seusai kompetensi yang mereka miliki, sementara tenaga ahli dari STIE Perbanas dapat mengaktualisasikan diri dan memberikan sumbangan nyata bagi kepentingan masyarakat. (HRD/N-5)


Sumber : Harian Umum Suara Pembaruan – Kamis, 10 Juni 2004

Perbanas Institute Logo