FEUI Juara Lomba Akuntansi Perbanas

15 December 2003

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia akhirnya keluar sebagai pemenang pertama dalam Perbanas Accounting Competition III (PAC III) yang digelar 8 -11 Desember 2003 lalu di kampus STIE Perbanas atas prakarsa STIE Perbanas Accounting Society.

Dalam ajang kompetisi mahasiswa di bidang akuntansi tingkat jabotabek yang diikuti oleh 25 tim dari 18 perguruan tinggi negeri dan swasta ini, keluar sebagai juara kedua yakni STIE Trisakti. Sedangkan STIE Perbanas sebagai tuan rumah berada di peringkat ketiga.

PAC tahun ini yang mengambil tema “Be Best of The Best” memang merupakan kompetisi PAC yang ketigakalinya sementara PAC pertama telah digelar tahun 2001 lalu. Menurut Arus Akbar Silondae, SH, LLM, Pembantu ketua III STIE Perbanas bidang kemahasiswaan, pihaknya berinisiatif menggelar ajang PAC dengan misi mempopulerkan bidang akuntansi di kalangan mahasiswa serta meningkatkan dan mengasah kemampuan di bidang akuntansi.

Dengan membawa visi untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang mampu menghadapi tantangan melalui pendidikan dan penelitian yang berstandar global, STIE Perbanas tengah berupaya menciptakan iklim akademik yang kondusif terhadap peningkatan mutu tenaga edukatif dan non edukatif untuk menjadi unggul di tatanan dunia serta membantu masyarakat luas di dalam memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Bentuk kompetisi semacam ini menurut hemat kami sangat bermanfaat bagi mahasiswa mengingat akuntansi merupakan bidang yang sangat vital dalam dunia keuangan dan perbankan,” ujar Arus Akbar Silondae. Karenanya, sebagai sebuah institusi pendidikan di bidang perbankan STIE Perbanas merasa perlu untuk turut aktif dalam meberdayakan minat kemampuan dan daya analisis mahasiswa terutama di bidang akuntansi. Arus Akbar juga menambahkan bahwa dalam dunia pendidikan dan bisnis yang makin menuntut transparansi dalam berbagai bidang, akuntansi sebagai sistem pelaporan keuangan, seharusnya dapat digunakan sebagai alat evaluasi dan prediksi. Di masa kini dan mendatang peran akuntan dalam bertindak sebagai business partner menjadi semakin strategis. ” Jadi memang peran akuntan dewasa ini menjadi semakin strategis sejalan dengan tuntutan dunia usaha akan pentingnya transparansi dalam komunikasi antar pelaku bisnis ataupun antara pelaku bisnis dengan masyarakat pada umumnya,” ujar Arus Akbar.

Perbanas Institute Logo