Wisuda 2024 Perbanas Institute Langkah Sinergis Menuju Masa Depan Berkelanjutan

Perbanas Institute baru saja melaksanakan wisuda untuk 951 mahasiswa yang siap memasuki masyarakat dengan membawa inovasi dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

Para lulusan tersebut terdiri dari 50 magister manajemen, 30 magister akuntansi, 328 sarjana akuntansi, 386 sarjana manajemen, 10 sarjana ekonomi Syariah, 11 sarjana akuntansi kelas internasional, 77 sarjana sistem informasi, 29 sarjana teknik informatika, 11 diploma keuangan dan perbankan, serta 19 diploma akuntansi perpajakan.

Acara wisuda ke-55 ini berlangsung pada Kamis, 25 Juli 2024 di Hall Jakarta Convention Center dengan tema “Synergy for Sustainability: Progressing Into the Future”. Wisuda ini dihadiri oleh Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Bapak Ivan Yustiavanda, Kepala LLDikti Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc, serta Kepala Yayasan Pendidikan Perbanas Bapak Ahmad Siddik Badruddin.

Tema wisuda tahun ini dipilih untuk mencerminkan tantangan global saat ini, seperti ketahanan ekonomi global, ketimpangan sosial, perubahan iklim, dan revolusi digital. Dalam menghadapi situasi global yang penuh tantangan, tema “Synergy for Sustainability: Progressing Into the Future” dinilai tepat, karena sinergi menjadi kunci untuk mengatasi berbagai masalah di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan. Solusi berkelanjutan diperlukan untuk mengatasi tantangan perubahan iklim, ketimpangan sosial, dan krisis ekonomi.

Sustainability menjadi kunci untuk memastikan tidak hanya memenuhi kebutuhan hari ini, tetapi juga mempertimbangkan keberlanjutan untuk generasi mendatang. Mengacu pada tema diatas, Bapak Ahmad Siddik Badruddin menyampaikan bahwa “untuk mendorong sinergi dan keberlanjutan, disinilah peran perguruan tinggi menjadi sangat pentin, karena tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga wadah untuk menginspirasi dan mendorong inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.”

Sejalan dengan penyampaian Ketua Yayasan Perbanas, Kepala LLDikti Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc menambahkan bahwa “di tengah era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, penting untuk terus melaju dan beradaptasi dengan perubahan. Melalui tema sinergi dan keberlanjutan mencerminkan tekad dan semangat yang kuat dari Perbanas untuk membawa perubahan positif bagi bangsa melalui lulusannya.”

Tercatat per hari ini, Perbanas Institute berhasil melahirkan lebih dari 40.000 alumni yang telah berkiprah di berbagai sektor. Selain jumlah lulusan yang terus bertambah setiap tahun, juga terdapat peningkatan kualitas yang tercermin dari rata-rata IPK lulusan yang semula 3,45 naik menjadi 3,47 pada 2024. Selain itu, hasil tracer study dalam 5 tahun terakhir, menunjukkan 70% lulusan Perbanas Institute mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari 3 bulan setelah lulus kuliah.

Sebagaimana komitmen Perbanas yang disampaikan oleh rektor Prof. Dr. Hermanto Siregar, M.Ec; “Perbanas Institute secara konsisten terus memberikan beasiswa Pendidikan yang berkelanjutan pada mahasiswa berprestasi dan yang membutuhkan. Sepanjang tahun 2023, total beasiswa yang disalurkan sejumlah Rp. 3.703.775.000 untuk 580 mahasiswa, yang bersumber dari internal maupun eksternal Perbanas.” Hal ini menunjukkan bahwa capaian yang di peroleh Perbanas berbanding lurus dengan usaha yang bersinergi dan berkelanjutan.

Dari prestasi yang ditorehkan oleh Perbanas, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berharap agar lulusan Perbanas Institute dapat menjadi garda depan untuk revolusi industri keuangan. “Lulusan Perbanas Institute merupakan garda terdepan untuk revolusi industri keuangan. Sebab industri keuangan adalah target utama berbagai masalah, salah satunya yang cukup menjadi fokus perhatian adalah money laundry. Dengan fokus keilmuan di sektor keuangan diharapkan lulusan Perbanas mampu membangun Indonesia di masa depan dengan integritas, komitmen, dan value diri.” Pungkas Ivan Yustiavanda

Perbanas Institute terus meningkatkan kapasitas serta kapabilitas dosen tenaga pendidikan. Kualifikasi dosen Perbanas Institute terdiri dari 40% berpendidikan doctor, 59% berpendidikan master. Pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian, Perbanas Institute memiliki lebih dari 7000 publikasi pada jurnal SINTA, 200 jurnal bereputasi internasional terindeks scopus, dengan total 347 publikasi sepanjang tahun 2023.

Selain itu, Perbanas dengan serius konsisten melakukan kerjasama dengan mitra strategis untuk menjalankan program pemberdayaan masyarakat, seperti kerjasama dengan perbankan, kementerian, hingga perguruan tinggi internasional, guna menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian masyarakat. Hal tersebut selaras dengan semangat sinergitas dan berkelanjutan untuk membangun masa depan Indonesia.

Berikut Link berita mengenai Wisuda 2024 Perbanas Intitute, simak beritanya lebih lanjut: