Tips Atur Keuangan Ala Mahasiswa

Mengelola keuangan merupakan skill penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa, sebab pengelolaan keuangan yang baik akan mempengaruhi kehidupan seseorang di masa depan. Jika sudah terbiasa mengatur keuangan dengan bijak sejak bangku perkuliahan, kebiasaan tersebut bisa diimplementasikan dengan lebih mudah saat kamu mulai hidup mandiri selepas masa kuliah kelak. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri untuk mencapai financial freedom di masa depan. Financial freedom adalah kemampuan untuk hidup tanpa khawatir tentang masalah keuangan, dimana seseorang memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, berinvestasi, dan mengejar impiannya tanpa terbebani utang. Yuk simak cara-cara berikut untuk mengatur keuangan ala mahasiswa!

 

1. Buat Anggaran Bulanan

Anggaran mencakup pemasukan dan pengeluaran. Selain uang saku dari orang tua, kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari kerja part time atau bekerja sebagai freelancer. Sementara itu untuk pengeluaran, kamu bisa coba menerapkan prinsip “Jar Money Management System”, yaitu suatu sitem alokasi dana dengan cara membaginya ke dalam 6 “jar” berbeda yang besaran alokasinya menggunakan persentase tertentu. Berikut adalah jenis jar beserta persentase alokasinya terhadap pemasukanmu:

  • Kebutuhan pokok (55%)

Digunakan untuk membayar kos, makan dan minum, listrik, pulsa, transportasi, dsb.

  • Tabungan yang akan digunakan untuk pengeluaran di masa depan (10%)

Digunakan untuk liburan, pembelanjaan besar (seperti laptop atau handphone), dsb.

  • Hiburan (10%)

Digunakan untuk jajan dan bersenang-senang.

  • Edukasi (10%)

Digunakan untuk membeli buku-buku dan fasilitas penunjang perkuliahan.

  • Financial freedom (10%)

Digunakan untuk berbagai investasi yang diharapkan dapat memberikan keuntungan di masa depan, seperti saham, deposito, atau modal bisnis. Jika uangmu belum cukup untuk diinvestasikan, kamu bisa mengumpulkannya dulu sebagai tabungan.

  • Sedekah (5%)

Digunakan untuk berbagai kegiatan amal, sedekah, atau doanasi.

 

2. Manfaatkan Diskon dan Promo

Sebagai mahasiswa, ada banyak sekali diskon dan promo yang dikhususkan buatmu. Manfaatkan statusmu sebagai mahasiswa untuk mendapatkan potongan harga di restoran, bioskop, dan tempat-tempat lainnya.

 Untuk memudahkanmu dalam mencari informasi terkait promo khusus mahasiswa, kamu bisa menggunakan GOKS! (Gokilnya Diskon untuk Siswa!). Dengan GOKS!, mahasiswa bisa membeli produk dari brand favorit sambil berhemat.

Berikut cara menggunakan GOKS!:

  • Akses GOKS! melalui GOKS.CO.ID

  • Untuk pengguna baru, daftar akun dengan mengisi data yang dibutuhkan

  • Lakukan verifikasi menggunakan alamat email kampusmu, atau gunakan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

  • Setelah akunmu diverifikasi, cari promo dari brand favoritmu

  • Gunakan promo secara online atau offline

 

3. Catat Pengeluaran Secara Rutin

Dengan mencatat pengeluaranmu, kamu bisa melakukan tracking dan memastikan pengeluaranmu tidak melebihi anggaran yang sudah dialokasikan sebelumnya.

 

4. Hindari Utang Konsumtif

Sebisa mungkin hindarkan dirimu dari utang yang bersifat konsumtif, seperti membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Utang bisa menimbulkan beban finansial di masa depan, yang akan membuatmu terjebak dalam lingkaran utang dan sulit untuk keluar dari lingkaran tersebut.

 

5. Cari Pendapatan Tambahan atau Beasiswa

Jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa mencari pekerjaan part time yang sesuai dengan jadwal kuliahmu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti program beasiswa yang seusai dengan kondisimu.

 

Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu akan memiliki kendali lebih baik atas keuanganmu dan bisa merencanakan masa depan yang lebih stabil secara finansial. Ingatlah bahwa mengelola keuangan dengan baik saat masih mahasiswa adalah investasi penting untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.