WISUDA PERBANAS INSTITUTE SEMESTER GENAP 2015/2016 11 MEI 2016

wisuda_perbanas_institute_semester_genap_2015_2016_11_mei_2016

Institut Perbanas menggelar Acara Wisuda Semester Genap 2015/2016 pada hari Rabu, 11 Mei 2016, bertempat di Jakarta Convention Center. Wisuda kali ini mengangkat tema: “Pengembangan Sumber Daya Insani yang Inovatif, Produktif dan Berjiwa Wirausaha di dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Tema tersebut sangat relevan dengan kondisi yang saat ini sedang dihadapi oleh Bangsa Indonesia, dalam menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan yang terjadi di era ASEAN Economics Community 2016 dan integrasi sektor keuangan perbankan di kawasan ASEAN tahun 2020. Kondisi ini dapat dilihat sebagai tantangan sekaligus opportunity bagi perguruan tinggi di Indonesia dalam menghasilkan lulusan yang memiliki nilai tambah yang termanifestasi dalam pengetahuan, keterampilan, kompetensi, inovatif, produktif, dan memiliki kemampuan membangun dan mengembangkan wirausaha yang menjadikannya sebagai sumber daya insani yang berkualitas dalam menghadapi persaingan dan perdagangan bebas. Inovasi memegang peranan penting untuk mengembangkan produk dan jasa dalam bisnis.

Berbagai kesuksesan besar di dunia didorong oleh daya kreativitas yang tinggi. Inovasi juga menjadi faktor penting dalam memajukan bangsa. Terlebih di era yang sangat kompetitif saat ini. Perbanas menyadari hal ini dan senantiasa berkomitmen dan mendukung mendukung proses penciptaan manusa yang inovatif dan kreatif dalam rangka menguatkan daya saing bangsa berlandaskan nilai-nilai core value ETHICS, Endurance, Trust, Humanity, Integrity, Competence, dan Sense of Belonging.

Sejak tahun 2015 yang lalu dua Program Studi (Prodi) yaitu Prodi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi masing-masing memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selain itu Program Studi Manajemen juga telah mendapatkan penghargaan peringkat kedua The Best School of Management dari salah satu media bisnis terkemuka di Indonesia.

Selain itu pembukaan Prodi baru yaitu Prodi Keuangan dan Perbankan Syariah dan Prodi Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) dan dalam waktu dekat Program Doktoral Ilmu Manajemen dapat dibuka sehingga lengkaplah jenjang pendidikan tinggi di Institut Perbanas mulai dari Diploma, Strata satu, Strata dua hingga Strata tiga. Saat ini data Penerimaan mahasiswa Baru (PMB) tahun 2016 sampai dengan awal Mei 2016 mengalami kenaikan 52% dibanding tahun lalu.

Pencapaian-pencapaian ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada seluruh pemangku kepentingan Perbanas Institute, dan menjadi penambah semangat untuk terus maju untuk berada di lini depan persaingan perguruan tinggi. Berkenan hadir dalam kesempatan tersebut Bapak Sukatmo Padmosukarso selaku Ketua Yayasan Pendidikan Perbanas (YPP). Dalam sambutannya Bapak Sukatmo menyampaikan bahwa Perbanas Institute memainkan peran kunci yang strategis dalam pengembangan inovasi, pengetahuan dan teknologi dalam sektor bisnis dan industr (khususnya sektor keuangan dan perbankan), selain itu juga dalam mempersiapkan sumber daya insani yang berdaya saing, memiliki nilai-nilai integritas yang tinggi dan kompeten di bidangnya. Inilah yang menjadi komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan, proses pembelajaran dan mutu lulusan Institute Perbanas yang semakin kompetitif di era global.”

Dalam kesempatan ini, dilakukan juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Perbanas Institute dengan dua mitra kerjasama, yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi Financial Planning Standards Board Indonesia kerjasama di bidang Pendidikan dan Pelatihan Certified Financial Planner (CFP) dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) kerjasama dibidang Certified Public Accountant (CPA). Wisuda dihadiri oleh civitas akademika Institut Perbanas, mulai dari Pengurus Yayasan, Pimpinan baik Institut maupun Fakultas, para dosen, karyawan, para wisudawan, orang tua wisudawan, Koordinator Kopertis Wilayah III Dr. Illah Sailah, dan Bapak Soetrisno Bachir Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) yang berkenan hadir menyampaikan pidato wisuda.

Perbanas Institute mewisuda sebanyak 480 lulusan pada tingkat Magister (24 lulusan), Sarjana (Manajemen = 188 lulusan; Akuntansi = 224 lulusan; Sistem Informasi = 16 lulusan; Teknik Informatika = 4 lulusan; Internasional = 10 lulusan), serta Ahli Madya (Keuangan dan Perbankan = 1 lulusan; Akuntansi = 13 lulusan).