Rekrutmen Mahasiswa Kelas Internasional

12 Juli 2013

Pengumuman
No. 043/P-DFEB/VII/PI/2013
Tentang
Rekrutmen Mahasiswa Kelas Internasional

Sehubungan rekrutmen mahasiswa Kelas Internasional (ICP) yang akan diambil dari mahasiswa reguler tahun masuk 2012, dengan ini disampaikan jadwal waktu pendaftaran dan seleksi, sebagai berikut:

  1. Pendaftaran  dilakukan pada  15 Juli – 20 Juli 2013.
    Pada saat melakukan pendaftaran, calon menyerahkan
    • Surat lamaran
      Surat lamaran ditujukan kepada Dekan FEB, u.p. Pudek Bidang Pengembangan Kerjasama dan Administrasi.
    • Fotokopi KHS semester 1 dan 2 dengan IPK minimal 3,25
    • Daftar riwayat hidup
      Selain data diri, agar dicantumkan data aktivitas positif baik di lingkungan kampus maupun di lingkungan sosial.
    • 4 lembar pasfoto terbaru berwarna ukuran 4×6

      Seluruh berkas lamaran dimasukkan ke dalam map berwarna kuning dan diserahkan kepada Kepala Sekretariat ICP, Ibu Nani Fitriani, M.Hum di Unit VI lantai 6.

  2. Pengumuman hasil seleksi administrasi disampaikan pada 24 Juli 2013
    Seleksi administrasi merupakan pemeriksaan atas dokumen yang dilampirkan pada berkas lamaran.
  3. TOEFL  dan  Interview diselenggarakan pada  30 Juli – 31 Juli 2013
    Ujian Bahasa Inggris (TOEFL) diselenggarakan di ULBI, Unit III lantai 4.
    Tempat penyelenggaraan interview akan ditentukan kemudian.
  4. Pengumuman hasil  akhir seleksi disampaikan pada  5 Agustus 2013
    Hasil akhir seleksi merupakan hasil kompilasi nilai berkas administrasi, Bahasa Inggris (TOEFL), dan interview.

Demikian yang disampaikan, terima kasih atas perhatian yang diberikan. 

Pudek  Bidang Pengembangan Kerjasama dan Administrasi  – FEB 

 

Mustanwir Zuhri, MM


Pembukaan Kelas Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perbanas Institute

Latar Belakang

Pasar bersama dan masyarakat ekonomi ASEAN 2015 menuntut negara-negara di kawasan ini mempersiapkan sumber daya, infrastruktur, dan daya saing lebih baik dan lebih cepat. Kebutuhan tenaga kerja pada suatu negara akan memicu mutasi arus masuk tenaga kerja asing ke negara tersebut karena mudahnya akses migrasi dan peraturan ketenagakerjaan. Indonesia sebagai negara terbesar di kawasan ini memiliki sumber ekonomi yang sangat potensial, sehingga banyak membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan handal. Sehubungan itu perlu dipersiapkan sumber daya manusia dengan kualifikasi yang sesuai melalui program-program pendidikan, sertifikasi, dan latihan kerja yang berkualitas. Salah satu bentuk program pendidikan yang berkualitas adalah pembukaan kelas-kelas internasional pada berbagai perguruan tinggi ternama, dan salah satunya adalah Perbanas Institute. Selain dimaksudkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas, pembukaan kelas ini sesuai dan mendukung Visi 2019 Perbanas Institute yang menyatakan bahwa pada 2019 Perbanas Institute menjadi perguruan tinggi yang berreputasi di kawasan Asia. 

Deskripsi

Kelas Internasional adalah kelas pada Program Studi S-1 Akuntansi dan Program Studi S-1 Manajemen yang dibuka untuk mahasiswa berprestasi dan telah menempuh kuliah di Kampus Perbanas Institute selama 2 semester berturut-turut sejak yang bersangkutan diterima masuk kuliah jalur reguler. Mata kuliah yang ditawarkan di kelas ini sama dengan kelas reguler. Proses perkuliahan dilakukan dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Pengertian mahasiswa berprestasi adalah yang bersangkutan mempunyai indeks prestasi kumulatif memuaskan dengan trend dan variasi nilai yang baik, mempunyai skor TOEFL yang memadai, serta mempunyai kepribadian dan karakter yang kuat. 

Jumlah mahasiswa setiap kelas sebanyak 15 orang dan untuk periode pertama ini akan dibuka 1 (satu) kelas S-1 Akuntansi dan 1 (satu) kelas S-1 Manajemen. Bilamana jumlah mahasiswa yang diterima di Kelas Internasional tidak mencapai 15 orang, pembukaan kelas tersebut dapat dibatalkan. 

Perkuliahan 

Bilamana calon lulus diterima di Kelas Internasional, yang bersangkutan mengambil mata kuliah paket pada setiap semester dan tidak diizinkan mengambil mata kuliah di luar paket. Perkuliahan di Kelas Internasional dimulai pada semester 3 (tiga) 

Proses pembelajaran di Kelas Internasional dilaksanakan ekstra ketat di dalam rangka mempersiapkan mutu lulusan agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi ternama di dalam rangka mengisi peluang kerja dan menjalankan bisnis perusahaan berkelas dunia.

Proses Pendaftaran

Mahasiswa kelas reguler yang berminat masuk Kelas Internasional mengikuti ketentuan dan menempuh prosedur sebagai berikut, 

  1. Calon mengajukan surat lamaran yang diketahui oleh orang tua atau wali dengan melampirkan KHS semester 1 dan 2 dengan IPK minimal 3,25. Surat lamaran ditujukan kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, u.p. Pembantu Dekan Bidang Pengembangan Kerjasama dan Administrasi,
  2. Calon mengikuti ujian Bahasa Inggris (TOEFL) yang diselenggarakan oleh ULBI pada jadwal yang ditentukan.
  3. Calon mengikuti tes wawancara. 

Informasi detail mengenai pendaftaran Kelas Internasional periode perkuliahan yang dimulai September 2013 dapat dilihat pada Pengumuman FEB No. 043/P-DFEB/VII/PI/2013. 

Beasiswa dan Studi di Luar Negeri 

Mahasiswa yang diterima masuk Kelas Internasional dapat diberikan beasiswa sesuai ketentuan dan mempunyai peluang lebih besar mengambil mata kuliah atau melakukan riset di kampus mitra di luar negeri.

Perbanas Institute Logo

Any Question?