PAC XII

Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi (HIMA) Perbanas Institute kembali menggelar ajang kompetisi tahunan Perbanas Accounting Competition 12 (PAC 12) pada 8 s.d 10 Oktober 2012. PAC 12 diawali dengan kegiatan seminar yang di laksanakan di ruang auditorium unit 3 Perbanas Institute, seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian acara PAC 12, dengan tema International Finance Reporting Standard (IFRS) for Banking dan Taxation for Banking.

Pemilihan tema tersebut adalah karena adanya kebutuhan pengetahuan masyarakat, khususnya tentang konvergensi IFRS serta penerapan pajak dalam dunia perbankan. Seminar dibuka oleh Rektor Perbanas Institute Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo dengan keynote speaker dari Bapak Irwan Lubis, Deputi Gubernur BI bidang Pengaturan.

Seminar ini terbagi menjadi 2 sesi,

Sesi I, (09.00-12.00 WIB), membahas IFRS for Banking

Pembicara:

    • Bapak Lim Kurniawan Setiadarma S.E, M.M, CFE (Instruktur IAI dan pemilik Awesome Consulting)
    • Bapak Irwan Rinaldi S.E, Ak, MM (Kepala Divisi Accounting Bank BRI)
    • Moderator: Bapak Ahalik S.E, Ak, M.Si, CMA, CPMA, CPSAK, QWP, CPA., dari IAI .

Sesi II, (13.30-16.00 WIB) membahas Taxation for Banking.

Pembicara:

    • Bapak Pahala N. Mansury (Director of finance & corporate strategy PT. Bank Mandiri)
    • Prof. Dr. John Hutagaol (Guru Besar Perbanas Institute/Direktorat Jendral Pajak RI.
    • Moderator: Dr. TelisaAuliaFalianty S.E, M.E dari Ec-Think Indonesia.

Seminar PAC 12 ini di ikuti lebih dari 300 peserta yang terdiri dari peserta lomba PAC 12, mahasiswa umum, para praktisi, dosen, mahasiswa Perbanas Institute, serta tamu undangan dan pihak sponsorship.

Sedangkan kompetisi PAC 12 diikuti sebanyak 23 tim dari 15 Perguruan Tinggi, baik PTN/PTS se Indonesia antara lain yaitu: STAN, UI, Binus International, Univ. Widya Mandala Surabaya, Univ. Parahyangan Bandung, Univ. Islam Sumatera Utara Medan, Univ. Negeri Gorontalo, Sekolah Tinggi Manajemen PPM, President University, Univ. Atmajaya Yogyakarta, dan STIE Indonesia Banjarmasin, memperebutkan hadiah dengan nilai total sebesar Rp. 26.000.000,-