LOKAKARYA PENYUSUNAN RENCANA INDUK PENELITIAN PERBANAS INSTITUTE 2012 – 2017

Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi wajib untuk menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, disamping pengajaran.  Idealnya ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dilaksanakan sesuai dengan ciri khas dan visi misi dari perguruan tinggi, sehingga semakin meningkatkan kompetensi dan kepakaran sebuah perguruan tinggi .

Salah satu yang menjadi kewengan perguruan tinggi dalam desentralisasi penelitian ini adalah kewajiban perguruan tinggi untuk membuat Rencana Induk Penelitian (RIP), yang merupakan agenda penelitian 5 tahun yang didasarkan pada peta jalan (road map), payung penelitian, dan ketersediaan SDM serta sarana dan prasarana penelitian.  RIP ini terdiri dari satu atau beberapa bidang unggulan yang mengarah pada terbentuknya keunggulan penelitian di perguruan tinggi.

Merespon kebutuhan tersebut, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Perbanas Institute menyelenggarakan kegiatan penyusunan RIP untuk periode 2012 – 2017 pada 7-8 Juni 2012 di Aston Tropicana Hotel Bandung. Diharapkan dengan kegiatan tersebut, dihasilkan kolaborasi dari masing-masing elemen yang ada pada Perbanas Institute yang dapat menguatkan keunggulan di bidang keuangan, perbankan, dan informatika, sesuai dengan Visi Perbanas Institute 2019 (V-19).

Bentuk kegiatan ini adalah lokakarya, yang terbagi dalam 3 acara utama, yaitu:

    • Sosialisasi sasaran utama kegaitan penelitian dengan narasumber Dr. Aviliani, M.Si. dari Yayasan Pendidikan Perbanas, diikuti dengan pencanangan sasaran utama oleh Prof. Dr. ir Marsudi Wahyu Kisworo selaku Rektor Perbanas Instiute
    • Sosialisasi Penyusunan Rencana Induk Penelitian dengan narasumber Prof. dr. Lili Warly dari Dikti
    • Penyusunan Road Map Penelitian Perbanas Institute 2012 – 2017.

Peserta kegiatan ini terdiri dari beberapa elemen, yaitu Rektor, Pembantu Rektor Bidang Akademik, Direktur dan Sekretaris P3M, Direktur Quality Assurance, Dekan, Sekretaris Dekan, Kaprodi, Sekprodi, dan dosen berpendidikan S3.