Program Pascasarjana Perbanas Pelatihan Perangkat Lunak Lisrel Simplis

6 Mei 2004

Penelitian akhir-akhir ini sering dinilai kurang memadai jika menggunakan teknik analisis statistik yang tergolong sederhana. Hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah bertaraf internasional telah lazim menggunakan teknik-teknik statistik lanjutan, yaitu dengan menyertakan multi faktor dan multi subjek pada model penelitian. Tuntutan ini juga menuntut para peneliti dan juga mahasiswa, khususnya yang sedang menjalani program Magister atau Doktor, menggunakan paket statistik lanjutan yang tepat.

Perangkat lunak yang digunakan untuk analisis statistik lanjutan yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah LISREL (linear structural relations). Namun, tidak seperti perangkat lunak statistik lainnya, hand manual LISREL tergolong sulit diperoleh, dan mungkin tidak dapat diperoleh secara resmi di Indonesia, dan relatif sulit untuk dipelajari. Sehubungan dengan kesulitan untuk mempelajari penggunaan LISREL, pengembang LISREL telah mengeluarkan paket lainnya, yaitu SIMPLIS (simplify LISREL ) yang merupakan satu kesatuan dengan LISREL.

Dalam kaitan itu, Program Pascasarjana Perbanas akan mengadakan pelatihan penggunaan perangkat lunak LISREL untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data dengan model statistik tingkat sederhana sampai dengan yang lanjut. Teknik dan topik yang digunakan dalam pelatihan ini akan berguna untuk para peneliti, dosen, dan mahasiswa tingkat Magister ataupun Doktor dari berbagai disiplin, seperti marketing, human resources, finance, economics, education, psychology, sociology, social survey dan lainnya.

WAKTU & TEMPAT
25-27 MEI 2004
PUKUL 09. 30 – 15. 30 WIB
PROGRAM PASCASARJANA PERBANAS
Unit 6 lantai 7 STIE Perbanas
Jl Perbanas, Karet, Kuningan, Setiabudi
Jakarta Selatan 12940

BIAYA PELATIHAN

Tiap peserta dikenakan biaya Rp.1.500.000,- Biaya termasuk materi & perlengkapan pelatihan, sertifikat, fasilitas praktek komputer per orang, makan siang & rehat kopi.

FASILITATOR

Lerbin R Aritonang

menulis buku Peramalan Bisnis, Penelitian Pemasaran, Penelitian Kepuasan Pelanggan, dan menjadi Konsultan penelitian pemasaran, serta aktif mendampingi mahasiswa program Magister dan Doktor dalam menyelesaikan Tesis maupun Disertasi yang menggunakan analisis statistik tingkat lanjut.

INFORMASI & PENDAFTARAN
SEKRETARIAT PROGRAM PASCASARJANA PERBANAS
Jl. Perbanas, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta 12940
Telepon: 021-525 2533, 522-2501~04 ext. 291, 293
Fax: 021- 522 8460
Email: pasca@stieperbanas.ac.id

Perbanas Institute Logo
Any Question?