KEGIATAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DOSEN PERBANAS INSTITUTE DI PULAU PARI KEPULAUAN SERIBU

Direktorat Penelitian dan pengabdian Pada Masyarakat (P3M) Perbanas Institute secara rutin menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan ini sebagai perwujudan salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan peran serta dan kontribusi aktif Dosen dalam pembangunan masyarakat secara nyata melalui penerapan hasil-hasil ilmu pengetahuan dan perkembangan ICT untuk pemberdayaan masyarakat serta diharapkan dapat menghasilkan perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap dari sekelompok masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini diikuti sebanyak 35 orang Dosen, dilaksanakan pada 14 April 2016, bertempat di Pulau Pari Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, dengan mengambil tema: Mengelola Keuangan Usaha berbasis Lingkungan dan Pengenalan Perbankan Kegiatan pengabdian dibagi dalam tiga kelompok yaitu:

  • Presentasi materi “Mengelola Keuangan dan Wirausaha berbasis Lingkungan”;
  • Diskusi Kelompok bagi para wirausaha di Pulau Pari;

Pengenalan perbankan bagi siswa sekolah satu Atap. Selain itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga diisi dengan Bakti Sosial, berupa pemberian sumbangan buku-buku bacaan bagi masyarakat Pulau Pari yang disampaikan kepada pengelola Taman Bacaan Penduduk dan sekaligus penyampaian titipan wakaf Al’Quran untuk masjid di daerah tersebut. Kagiatan yang dikoordinatori oleh Ibu Dra, Erna Wahyuningsih. MM (Sekretaris Pengabdian P3M) ini secara umum kegiatan berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan serta bertujuan memberikan semangat, pengetahuan baru dan kesadaran khususnya bagi penduduk Pulau Pari di dalam mengembangkan usaha yang selama ini belum dikelola dengan baik sesuai prinsip-prinsip yang benar dalam pengelolaan keuangan, masih minimnya daya kreativitas untuk mengembangkan usaha dalam kondisi di Pulau Pari saat ini belum tersedia fasilitas perbankan. Demikian yang dapat disampaian dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Jakarta 18 April 2016

Sekretaris Direktorat Pengabdian Masyarakat,

Erna Wahyuningsih