Lokakarya Pengembangan Kompetensi Dosen Tetap Perbanas Institute

11 Februari 2013

Para dosen tetap Perbanas Institute melaksanakan lokakarya pengembangan kompetensinya pada tanggal 5 s.d. 7 Pebruari 2013 di Bumi Tapos-Bogor. Lokakarya dengan tema Metode Pembelajaran Kreatif dan Interaktif dalam mewujudkan V19 Perbanas Institute dibuka oleh Bapak Rektor-Prof. Marsudi Wahyu K.

Sebanyak 73 dosen tetap turut serta dalam lokakarya ini. Purek Akademik, Purek Non Akademik, Para Dekan dan KaProdi/Sekprodi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan PascaSarjana turut mendampingi dosen dalam acara lokakarya ini.

Pembekalan materi untuk pengembangan kompetensi dosen dalam melakukan metode pembelajaran KBK sangat banyak diperoleh saat lokakarya ini.  Dosen harus memiliki motivasi yang kuat, dapat memotivasi mahasiswa yang diajar, dan mendidik dengan keikhlasan, materi ini diberikan oleh Bapak Erbe Sentanu dan Bpk Rektor.  Dosen juga harus dapat mengembangkan bahan ajar agar lebih menarik, kreatif dan interaktif dengan memanfaatkan ICT sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih hidup (Pembicara Prof. Zainal Hasibuan).

Penulisan karya ilmiah yang dipublikasikan oleh dosen hendaknya terbebas dari plagiarism, hal ini  dapat diatasi apabila dosen mengetahui cara menulis yang benar dan bagaimana cara pengecekannya, demikian yang disampaikan oleh Bpk. Prof. Ir. Wasmen Manalu, Ph.D (DIKTI). Dosen juga perlu mengetahui Undang-undang plagiarisme dan teknik pelaksanaannya (oleh Bpk. Trisno Zuardi, SH, MM (DIKTI)), sehingga saat dosen melakukan kewajibannya dalam melaporkan BKD pada setiap semesternya baik internal maupun eksternal, dosen  dapat terhindar dari masalah plagiarism dalam bidang penelitian.

Perbanas Institute Logo