Peresmian Dealing Room IKPIA (ABFI Institute) Perbanas Jakarta | PERBANAS INSTITUTE --> Peresmian Dealing Room IKPIA (ABFI Institute) Perbanas Jakarta | PERBANAS INSTITUTE

Peresmian Dealing Room IKPIA (ABFI Institute) Perbanas Jakarta

ABFI Institute Perbanas memiliki komitmen untuk mendorong industri keuangan dan perbankan Indonesia yang kuat, efisien, solid dan inovatif, dan juga mengembangkan industri perbankan Indonesia yang dapat berkiprah dalam tataran industri keuangan dan perbankan.

 
Pada hari Kamis, 20 Agustus 2009 bertempat di Auditorium ABFI Institute Perbanas, Jl. Perbanas, Karet Kuningan, Setiabudi Jakarta Selatan telah dilakukan peresmian Laboratorium Dealing Room oleh Dr. Fatchudin, MM (Rektor ABFI Intitute Perbanas), yang disaksikan oleh Bpk. Andi M. Hatta(perwakilan Yayasan Pendidikan Perbanas),  Mr. Shin Jae Won, Presdir. PT E-Trading Securities, Perwakilan Bank-bank Anggota Perbanas, Pimpinan & Civitas ABFI Institute Perbanas. Adapun lokasi Laboratorium Dealing Room terletak di Gedung Unit III Lt. 6. Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan terus menerus oleh manajemen ABFI Institute Perbanas.

Dalam strategic plan 2010-2019 visi ABFI Insitute Perbanas adalah ingin menjadi lembaga pendidikan tinggi yang fokus dalam bidang keuangan, perbankan, dan informatika yang memiliki reputasi internasional dan menjadi lima terbaik pada level Asia, 80% lulusannya dapat terserap pasar dalam waktu kurang dari 6 bulan.
Pengadaan Laboratorium Dealing Room dilakukan untuk menambah fasilitas bagi seluruh sivitas akademik. Ruangan Laboratorium Dealing Room, terbagi menjadi dua bagian yaitu untuk simulasi pasar uang terutama perdagangan valuta asing  dan pasar saham yaitu perdagangan saham. Kedua pasar keuangan ini adalah pasar yang merupakan pilar perekonomian di setiap Negara.

Ruang ini dilengkapi dua puluh komputer dan akses data online dari kedua jenis pasar keuangan.Simulasi kedua pasar keuangan ini tersedia di dalam fasilitas Laboratorium Dealing Room ABFI Institute Perbanas.
Kecuali simulasi perdagangan, manfaat lain yang dapat diperoleh dari adanya Laboratorium Dealing Room ini, antara lain:

  1. Menggunakan pasar uang (money market) dan pasar modal (capital market) secara lebih dini kepada mahasiswa-mahasiswa ABFI Institute Perbanas maupun civitas akademika
  2. Memungkinkan civitas academicnya tidak hanya mampu berbicara dalam tataran konsep dan teori-teori tentang pasar uang dan pasar modal. Namun juga memahami dan memarasakan bagaimana praktik-praktik riilnya.
  3. Menyampaikan informasi terbaru tentang kondisi pasar uang dan  pasar modal dan manifestasi praktik langsung, bagaimana bertransaksi di pasar uang maupun pasar modal.
  4. Penghematan waktu dalam pengumpulan data, tersedia data secara elektronik dalam format yang terstandarisasi, sehingga pendarian data specifik dapat terpenuhi. Dengan demikian civitas academica mempunyai lebih banyak waktu untuk menganalisis.
  5. Akurasi data yang tersedia secara online lebih tinggi karena akses yang ada dilakukan secara real timeDatabase yang tersedia di laboratorium dealing room ini berisi banyak informasi yang dapat digunakan bukan hanya untuk pengajaran tetapi juga untuk penelitan.
  6. Pengajaran di kelas dapat dilakukan dengan kombinasi yaitu pengajaran dan observasi langsung pengalaman dari pasar uang maupun pasar modal . Simulasi perdagangan yang terjadi di pasar uang dan pasar modal akan digunakan secara intensif dalam proses pembelajaran.

ABFI Institute Perbanas merupakan wujud nyata dari komitmen atas inovasi dan upaya yang berkelanjutan atas pengembangan modal intelektual dalam bidang perbankan, keuangan, informatika dan bisnis yang tak berkesudahan.

Foto-foto lainnya