Character Building: Mahasiswa Angkatan 2008/2009 | PERBANAS INSTITUTE --> Character Building: Mahasiswa Angkatan 2008/2009 | PERBANAS INSTITUTE

Character Building: Mahasiswa Angkatan 2008/2009

Sebagai calon alumni perguruan tinggi, mahasiswa akan dituntut untuk mampu memenangkan peluang kerja. Sebagian persyaratan yang menjadi persyaratan kerja, antara lain adalah kemampuan seseorang untuk mampu mengaktualisasikan diri, kemampuan menyampaikan pendapat, kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain, kemampuan bekerja sama, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan mengantisipasi situasi. Kemampuan-kemampuan tersebut masuk ke dalam klasifikasi softskills dan menjadi ketrampilan yang tak bisa lagi ditawar-tawar dalam menghadapi tuntutan dunia kerja. Softskills merupakan tuntutan yang diperlukan selain ketrampilan-ketrampilan yang masuk kategori hardskills, seperti: tingkat intelegensi, IPK, dan potensi akademik .

Program CB diberikan dengan untuk lebih Memahami Diri Sendiri dan memahami Hubungan dengan Tuhan, Sesama, dan Lingkungan. Pada CB I, topik materinya meliputi Who Am I, Visi dan Misi Pribadi, Kelebihan dan Kelemahan Diri, God and Religion, Hati Nurani, dan New Habitus. Selain itu dalam CB I juga diberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengenal dan menyelami berbagai profesi yang ada, seperti dosen, satpam, tukang ojek, dan pengelola warung nasi.

Maksud dan tujuan CB adalah memberikan bekal bagi mahasiswa untuk siap menghadapi dinamika yang terjadi di lingkungan dengan pembelajaran di kelas yang merupakan hardskills dan pembekalan ketrampilan yang menjadi nilai tambah yang dapat diklasifikasikan sebagai softskills. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa akan mempunyai daya juang, daya tahan, dan daya pikat.

Program CB I tsb dilakukan setiap hari Selasa dan Jum’at selama bulan Februari 2009 masing-masing sesi berlangsung selama 120 menit. CB I diadakan di R. Seminar di unit V lt. 6, R. Makan di unit III lt. 7, dan R. Auditorium di unit III lt. 1. CB difasilitasi oleh para fasilitator dengan berbagai latar belakang ilmu dan pendidikan: Ekonomi, Informatika, Administrasi Publik, dan Psikologi.

Kelulusan CB didasarkan pada nilai-nilai ujian (UTS & UAS), penugasan, dan jumlah kehadiran. Dari evaluasi, didapatkan data bahwa 91% peserta CB I mengatakan bahwa CB I sangat bermanfaat dan dibutuhkan materi-materi pendalaman dan pengayaan.

Oleh: MMM/Learning & Culture Support/CB Div

Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building Character Building