Sekilas ABFI Institute

Perbanas Institute adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi pertama yang menyelenggarakan pendidikan di bidang keuangan-perbankan dan informatika.

Didirikan pada 19 Februari 1969 oleh Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) yang pada awal mulanya didirikan untuk memenuhi kebutuhan personil operasional di sektor perbankan. Lembaga ini tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Yayasan Pendidikan Perbanas (YPP) sebagai sebagai badan penyelenggara resmi pendidikan.

Pada awalnya YPP menyelenggarakan pendidikan  tinggi dalam bentuk Akademi Ilmu Perbankan (AIP) yang kemudian berkembang menjadi Akademi Akuntansi Perbankan (AAP) di tahun 1982 dan merespon tuntutan dan kebutuhan pasar akan tenaga kerja terdidik berpendidikan Sarjana (Strata 1), Lembaga ini berkembang dari Akademi menjadi Sekolah Tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas (STIE Perbanas) di tahun 1988, dan sejak 10 Desember 1999, STIE Perbanas membuka Program Pascasarjana Magister Manajemen.

Berdasarkan SK Mendiknas No. 209/D/O2007, bertanggal 23 Oktober 2007, STIE Perbanas dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Perbanas (STIMIK Perbanas) digabung menjadi satu dengan nama Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia Perbanas (IKPIA Perbanas) atau dikenal dengan nama Perbanas Institute.

Saat ini Perbanas Institute memiliki tiga Fakultas, yaitu:

Kampus Perbanas Institute berlokasi di kawasan bisnis segitiga emas (Jl. HR Rasuna Said) Jakarta Selatan, berdiri diatas lahan 22.820 m2, terdiri dari bangunan 6 unit yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana pendidikan yang lengkap dan memadai sebagai kampus yang modern.